Tips Perawatan Saat Pakai Kawat Gigi

Tips Perawatan Saat Pakai Kawat Gigi – Saat ini sudah sangatlah semakin banyak orang yang takut untuk mendapatkan penyakit yang sudah sangat banyak berada di sekitar kita. Istilah “beauty is pain” itu ada benarnya. Seperti perawatan behel atau kawat gigi pun, ada kesulitan yang dirasakan. Mulai dari mulut kaku, seriawan, sulit mengunyah secara halus, sampai bikin malas makan. Namun, mau tak mau itu semua harus kamu lalui demi mendapat penampilan gigi sesuai ekspektasi penggunaan kawat gigi.

Tips Perawatan Saat Pakai Kawat Gigi

1. Sebelum mulai pakai kawat gigi, konsultasikan dengan dokter gigi spesialis ortodonti
Sekarang banyak sekali layanan behel yang disediakan oleh tenaga nonmedis (bukan dokter gigi). Beberapa di antaranya dilakukan oleh tukang gigi. Padahal, prosedur pemasangan kawat gigi tidak asal pasang, tetapi harus melalui radiologi (sinar-X atau scanning). Bila diperlukan, prosedur pancabutan gigi akan dilakukan tergantung kondisi gigi dental care pasien, agar tersedia ruang untuk merapikan susunan gigi. Selain itu, bila ada masalah pada gigi, itu akan dilakukan perawatan terlebih dulu sebelum kawat gigi dipasang.

Untuk kemampuan merapikan gigi dengan kawat gigi, kamu harus berkonsultasi dengan dokter gigi yang telah tersertifikasi dan dan spesialisasi dalam bidang ortodonti.

Di samping itu, bahan-bahan yang digunakan untuk kawat gigi pun sudah ada standarnya, sehingga harganya relatif mahal. Asal menggunakan bahan-bahan, gigimu bukannya semakin rapi, yang ada bisa tambah parah terluka, atau timbul masalah lain.

2. Jika sudah menggunakan kawat gigi, sesakit apa pun, rajinlah sikat gigi minimal dua kali sehari
Pada masa awal menggunakan kawat gigi, pastinya kamu akan mengalami nyeri. Jangankan untuk makan, menggerakkan mulut saja bisa bikin tak nyaman. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk tidak menyikat gigi. Seperti biasa, tetap sikat gigi minimal dua kali sehari, ya!

3. Gunakan sikat gigi khusus behel agar sela-sela braket lebih mudah dijangkau
Setelah pakai behel, tak dimungkiri gigimu punya banyak sela-sela kecil yang bisa membuat makanan tersangkut di sana. Sikat gigi biasa sering kali sulit menjangkaunya. Pakai tusuk gigi pun tidak disarankan karena dapat melukai gusi walaupun memakainya sudah sangat berhati-hati. Memilih sikat gigi khusus kawat gigi adalah pilihan tepat.

Dilansir News Medical Life Sciences, dokter gigi umumnya akan merekomendasikan penggunaan sikat gigi berukuran kecil untuk menyikat gigi pasca pasang kawat gigi. Sikat gigi tersebut diharapkan bisa membantu menjangkau semua area gigi, memungkinkan penyikatan yang lebih halus dan menyeluruh.

Bulu nilon yang halus dengan permukaan rata biasanya lebih disukai, tetapi sikat gigi khusus dengan detail yang lebih halus mungkin akan lebih direkomendasikan oleh dokter gigi.

Gabung juga bersama Agen Sbobet Terpercaya dengan cara mendaftar pada https://www.sbobett88.asia/